Coco Diperkirakan Akan Kembali Berada di Puncak Box Office Akhir Pekan

Coco Diperkirakan Akan Kembali Berada di Puncak Box Office Akhir Pekan

Kejayaan terbaru dari Disney/Pixar, Coco, diperkirakan akan kembali berada pada puncak box office selama dua akhir pekan berturut-turut. Film animasi tersebut membawa pulang mahkota Thanksgiving dengan penghasilan sebesar 72.9 US$ dalam lima hari pertamanya, mengalahkan Justice League dari DC Extended Universe. Sebuah film keluarga baru adalah persis apa yang dibutuhkan oleh pasar, mengingat bioskop-bioskop telah terjebak dalam kemerosotan komersial sejak It memulai kompetisi pada September lalu. Tentu saja, Thor: Ragnarok merupakan sebuah keberhasilan bagi Marvel Studios, namun Oktober ini mencatat angka terburuk sepanjang dekade dan Justice League yang disebutkan di atas tidak mencapai harapan dengan menjadi film yang pembukaan akhir pekannya paling rendah dalam DCEU sampai hari ini.

Bahkan peluncuran perdana mendatang dari Star Wars: The Last Jedi yang pasti akan membawa gebrakan masih tidak cukup untuk menolong box office Amerika Serikat pada 2017 mencapai jumlah seperti tahun lalu, sehingga ada banyak tekanan terhadap para film yang tayang saat ini ini untuk memiliki masa tayang yang panjang serta berhasil di box office . Dengan akhir pekan ini menjadi salah satu di tahun ini tanpa film yang diluncurkan secara luas ( The Disaster Artist dan Wonder Wheel tayang di bioskop-bioskop tertentu), film-film teratas yang saat ini masih beredar memiliki jalur yang jelas untuk mencapai tujuan tersebut.

Dilansir dari Variety , Coco seharusnya memenangkan angka akhir pekan ini dengan memperoleh sekitar 25 juta US$. Ini akan menjadi sebuah penurunan sebesar kurang lebih 50 persen dari akhir pekan pertamanya saat film tersebut tayang perdana (50.8 juta US$), yang menandakan bahwa film ini bertahan dengan cukup baik. Ada kemungkinan bahwa film ini dapat memperoleh lebih angka yang lebih besar dibanding apa yang diproyeksikan, mengingat bahwa perbincangan dari mulut ke mulut soal film ini cukup kuat. Seperti banyak film-film Pixar lainnya, Coco dpuji untuk animasinya yang bagus serta ceritanya yang menyentuh, sehingga masih ada kemungkinan terhadap minat yang tinggi untuk menonton film ini. Sekali lagi, Justice League harus puas pada posisi kedua dengan 17 juta US$. Sampai saat ini, film tersebut baru meraih 174 juta US$ dan membuat Warner Bros. berada pada zona berbahaya dalam potensi merugi.

Justice League All In Alex Ross wallpaper with Superman Coco Expected To Top Weekend Box Office Again

Membulatkan peringkat lima teratas adalah film Wonder yang secara mengejutkan ternyata laku, film adaptasi novel Agatha Christie Murder on the Orient Express arahan Kenneth Branagh, dan sekuel komedi Daddy’s Home 2 . Ketiga film tersebut telah menemukan berbagai tingkat keberhasilan sejak tayang perdana, di mana film-film tersebut menarik perhatian demografi yang berbeda-beda. Setiap film telah memiliki target penonton masing-masing dengan mengubah harapan keberhasilan, dan seharusnya itu berlanjut pada akhir pekan ini.

Sebenarnya tidak terlalu mengejutkan jika para studio memilih untuk menahan rilis judul yang signifikan pada beberapa minggu yang akan datang, dikarenakan antisipasi terhadap The Last Jedi telah mencapai puncaknya. Film tersebut diperkirakan akan memperoleh lebih dari 200 juta US$ pada tiga hari pertama penayangannya, sehingga ini dibaca sebagai sebuah keputusan bisnis yang cerdas bagi para kompetitor Disney untuk minggir dan menunggu sampai desakan para penonton untuk menonton pada akhir pekan pembukaan Star Wars (setidaknya) menurun sebelum Natal. Mudah-mudahan, bentangan yang tidak terlihat segar ini tidak terlalu menyerang angka perolehan secara besar-besaran, namun agak sulit untuk terlalu optimistis.

Sumber: Variety