Diskusi Kesepakatan Disney dan Fox Dikabarkan Akan Kembali Panas

Diskusi Kesepakatan Disney dan Fox Dikabarkan Akan Kembali Panas

Disney dan Fox kembali membicarakan kesepakatan di mana semua properti televisi dan film Fox menjadi milik si Rumah Tikus, dan itu bisa terjadi dalam jangka waktu dekat. Industri hiburan mendapatkan berita mengejutkan tidak lama lalu mengenai Fox yang hendak menjual aset-asetnya demi berkonsentrasi pada bidang di luar televisi dan film. Gerakan ini memunculkan banyak calon pembeli, dengan Sony dikatakan sebagai pesaing terbaru. Namun, niat Fox untuk menjual aset-asetnya terbuka bersamaan dengan berita bahwa Disney sedang berdiskusi tentang adanya kemungkinan kesepakatan.

Seiring dengan permintaan para penggemar Marvel dari tahun ke tahun agar Disney kembali mengakuisisi lisensi seluruh karakter mereka, kemungkinan bahwa hal tersebut menjadi kenyataan terlihat semakin masuk akal setelah adanya berita ini. Sejak saat itu, perkiraan bahwa Disney akan seluruhnya mengambil alih studio besar lainnya telah meningkatkan perhatian terhadap sistem Hollywood serta masa depannya, dan dikabarkan bahwa pembicaraan-pembicaraan semacam ini masih jauh dari perhentian.  

Menurut berita baru dari Mike Fleming dari Deadline, perbincangan yang terjadi di lapangan adalah Disney dan Fox telah memulai kembali diskusi mereka. Berita ini menyatakan bahwa Disney sedang “bergerak cepat” demi mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi divisi film dan televisi Fox. Kedua pihak dikabarkan masih diam terkait persoalan ini, dan sikap Disney sebelumnya dengan mengakuisisi Marvel dan Lucasfilm (selain juga kesepakatan Spider-Man) menandakan bahwa ini dapat menjadi diskusi serius. Jika memang ini benar, Deadline memperingatkan bahwa mungkin tidak akan ada berita baru sampai kemungkisan kesepakatan tersebut diumumkan secara resmi.  

Fox Properties and Disney Disney & Fox Deal Discussions Rumored to Be Heating Back Up

Walaupun hampir semua perhatian terkait kemungkinan terjadinya kesepakatan langsung tertuju kepada potensi Marvel Studio dan kepalanya Kevin Feige memiliki akses terhadap X-Men, Fantastic Four, dan masih banyak lagi, itu barulah awalnya. Disney akan memiliki properti intelektual populer seperti The Simpsons, waralaba-waralaba seperti Alien dan Predator, serta sekuel-sekuel Avatar dari James Cameron yang akan datang. Mereka juga akan memiliki lebih banyak saham di Hulu dan bahkan lebih banyak properti terkait televisi. 

Jika sebuah kesepakatan benar-benar terjadi, hal tersebut akan berdampak besar terhadap proyek-proyek yang disebutkan di atas, namun juga berarti ada satu studio minor yang bisa membeli film-film non-waralaba. Disney secara umum berfokus terhadap waralaba dan properti intelektual yang terkenal, tapi Fox hadir secara konsisten dalam dunia film non-blockbuster

Jika mengesampingkan kemungkinan hasil negatif, kesepakatan ini akan membuat Marvel Studios menjadi hampir menyeluruh. Meski mereka akan masih memiliki sedikit halangan akibat kesepakatan-kesepakatan distribusi lainnya, namun ini akan memberikan Marvel Cinematic Universe banyak karakter baru untuk diperkenalkan di dunia sehabis Thanos. Perkenalan para mutan atau keluarga pertama Marvel dapat secara pasti menjadi sentakan yang Marvel butuhkan setelah sekian lama membangun Avengers 3 & 4. Ini memang masih jauh dari kepastian, namun kemungkian tersebut terlihat jauh lebih baik dari sebelumnya. 

Sumber: Deadline