Film Coco dari Pixar Menang Banyak di Annie Awards 2018

Film Coco dari Pixar Menang Banyak di Annie Awards 2018

Film animasi blockbuster Coco bersinar pada acara tahunan Annie Awards yang ke-45 pada 3 Februari, memenangkan hampir semua kategori yang menominasikan film tersebut, termasuk Film Terbaik. Coco, film panjang ke-19 dari Pixar Animation Studios yang semuanya didistribusikan oleh Disney, memperoleh sambutan yang luar biasa baik melalui pendapatan box office-nya maupun dengan kesuksesan penghargaan-penghargaan yang diperolehnya. Film ini memperoleh lebih dari 72 juta US$ di 5 hari pertamanya selama libur panjang Thanksgiving dan sampai saat ini telah memperoleh 203,3 juta US$ di Amerika Serikat dan 478,8 juta US$ mancanegara, membuat film ini memperoleh penghasilan global yang hebat sebesar lebih dari 682 juta US$.

Bukan hanya para penonton saja yang mencintai Coco. Film tersebut – yang menceritakan seorang bocah laki-laki bernama Miguel (Anthony Gonzalez) yang masuk ke Negeri Orang Mati saat perayaan tahunan Hari Orang Mati di Meksiko dalam usahanya mencari kakek buyutnya – memperoleh nilai 97 persen “segar” di Rotten Tomatoes, dan memperoleh penghargaan Best Animated Feature dari Golden Globes, Critics’ Choice Movie Awards, dan Producers Guild of America Awards. Film tersebut juga memperoleh nominasi Oscar untuk Best Animated Feature dan memenangkan kategori yang sama di British Academy of Film and Television Awards.

Dalam salah satu kemenangan terbesar film tersebut, Coco memenangkan penghargaan Best Animated Feature di Annie Awards. Menurut Variety, film tersebut memenangkan 11 dari 13 kategori di mana film tersebut memperoleh nominasi. Film itu juga memenangkan penghargaan Annie untuk penyutradaraan (Lee Unkrich dan Adrian Molina), pengisi suara (Gonzalez), skenario (Molina dan Matthew Aldrich), animasi karakter, desain karakter, dan musik. Pesaing Coco untuk kategori Best Animated Feature mencakup Captain Underpants: The Epic First Movie, Cars 3, Despicable Me 3, dan The Boss Baby.

Pixar Coco banner Pixars Coco Wins Big at 2018 Annie Awards

Dari semua nomine Best Animated Feature di Annie Awards, hanya Coco dan The Boss Baby yang masuk nominasi Oscar di kategori Best Animated Feature. Juga turut bersaing untuk Oscar di bidang animasi adalah Ferdinand, Loving Vincent, dan The Breadwinner, di mana yang terakhir memperoleh penghargaan Annie utnuk kategori Best Animated Feature — Independent.

Dengan dominasinya di Annie Awards, Coco secara jelas menjadi pesaing utama untuk memenangkan penghargaan utama animasi di Oscar. Di lima tahun terakhir, tiga pemenang Annie juga memenangkan kategori Best Animated Feature di Oscar. Frozen (2013), Inside Out (2015), dan Zootopia (2016) masing-masing memperoleh penghargaan utama dari dua ajang penghargaan tersebut, sementara pemenang Annie Wreck-It Ralph (2012) dikalahkan oleh Brave di Oscar, dan How to Train Your Dragon 2 (2014) kalah dari Big Hero 6 untuk Best Animated Feature di Oscar.

Annie Awards telah diselenggarakan sejak 1972 oleh cabang Los Angeles dari International Animated Film Association dan ASIFA-Hollywood.

Sumber: Variety