Blue Planet II: Pembuatan Terbaik dari Film Dokumenter Alam

Blue Planet II: Pembuatan Terbaik dari Film Dokumenter Alam

Blue Planet II telah tayang di Britania Raya tahun lalu, namun sekarang salah satu dokumenter alam dengan visual luar biasa yang digarap dengan sangat baik di sepanjang masa telah tiba di Amerika Serikat, tayang di BBC Amerika (tayang perdananya disiarkan secara serentak di kanal-kanal perusahaannya, termasuk AMC, WE tv, IFC, dan Sundance TV) untuk beberapa minggu ke depan. Ini adalah kembalinya Unit Sejarah Alam BBC ke samudra setelah 17 tahun, ketika serial bersejarah pertama mereka merebut perhatian dunia. Kali ini, film-film dokumenternya memiliki trik-trik dan teknologi-teknologi perfilman rahasia yang mengejutkan, yang memberikan mereka (sekaligus juga para penonton dan peneliti) tampilan mengenai kehidupan berbagai makhluk laut serta di dalamnya yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Serial ini tiba di Amerika Serikat pada waktu yang tepat. Siapa pula yang tidak bisa memanfaatkan jeda dari gencaran ratusan serial televisi yang terus menerus menerpa mata pemirsa? Daripada berandai-andai tentang apa yang mungkin terlewatkan oleh Anda dengan lupa merekam serial terbaru Ryan Murphy atau mencoba untuk mencari waktu yang pas untuk seluruh episode favorit ER Anda, Blue Planet II mengundang Anda untuk masuk ke dalam kemegahan alam dan melihat keajaiban serta keunikan berbagai macam kehidupan para makhluk yang mungkin masih sangat sedikit kita ketahui informasinya.

Dengan narasi yang diisi oleh Sir David Attenborough, serial ini memanfaatkan dengan sangat baik suara halus yang khas dari sang penyiar yang sekarang berusia 91 tahun tersebut, membentuk setiap episode menjadi sebuah campuran dari cerita petualangan, pelajaran ilmu pengetahuan alam, dan sebuah panggilan untuk beraksi, tidak pernah malu untuk menyatakan dampak negatif dari manusia terhadap lingkungan. Hasilnya adalah salah satu dokumenter alam terbaik yang akan pernah Anda tonton, satu hal yang tidak sama dengan apa yang ada di televisi, karena Blue Planet II menyuguhkan banyak hal yang belum pernah dilihat para penonton sebelumnya.

 

Shark Blue Planet II Blue Planet II Review: Nature Documentary Filmmaking At Its Very Best

 

Ini adalah sebuah kesaksian mengenai bagaimana Unit Sejarah Alam paham betul apa yang mereka kerjakan sehingga merkea bisa menyusun tujuh episode dengan durasi satu jam yang luar biasa dari lebih enam ribu jam footage yang mereka rekam, hampir seluruhnya di lingkungan yang tidak memadai bagi manusia. Dan meskipun demikian, para pembuat film tersebut masih tetap bisa merekam beberapa sekuens yang benar-benar menakjubkan, menampilkan para lumba-lumba yang berselancar, “laut mendidih” yang jarang terlihat, ikan yang bisa berubah jenis kelamin, dan kecerdasan seekor gurita yang bisa berkali-kali memperdaya dan mengakali sekelompok ikan hiu pyjama yang kelaparan, pertama dengan memasukkan tentakelnya ke dalam insang sang predator, secara efektif membuatnya tercekik, dan kemudian menutupi dirinya dengan tameng yang secara cepat dibuat dari kerang-kerang buangan di dasar laut.

Bit terakhir tersebut adalah satu dari banyak contoh mengenai apa yang telah direkam oleh para pembuat film Blue Planet II yang berhasil memukau mata para penontonnya; rekaman-rekaman tersebut juga amat sangat berharga bagi komunitas peneliti dan akademisi. Sifat inovatif serial tersebut menggarisbawahi pentingnya dokumenter tersebut dan meninggikan program tersebut melebihi nilai hiburannya yang sudah besar. Serial tersebut memisahkan kedua hal tersebut melalui nilai produksi yang amat tinggi, penggunaan suara Attenborough, dan scoring musik oleh Hans Zimmer (para penggemar dari scoring musik Inception dan Dark Knight yang dikerjakannya akan langsung menyadari banyak nada yang terdengar di sini, dan cukup banyak kemiripan antara Blue Planet II dan pekerjaan sang komposer dalam film-film bahari Pirates of the Caribbean dari Disney). Komponen-komponen tersebut menambah esensi pembuatan film blockbuster ke dalam serial alam dengan kemampuan untuk benar-benar bisa mengajarkan penontonnya sesuatu.

 

Dolphins Blue Planet II Blue Planet II Review: Nature Documentary Filmmaking At Its Very Best

Entah apakah ini menyenangkan atau tidak bagi Anda tergantung dari seberapa jauh Anda menyikapi hal semacam ini, namun bahkan jika Anda merasa agak malas di Sabtu malam, percayalah: Blue Planet II tidak terasa seperti pekerjaan rumah. Setiap episode dibuat dengan cara yang sebisa mungkin memaksimalkan dampak informasinya, selain juga potensi ceritanya. Apakah itu para kru menyelam ke dalam lubang terdalam di planet ini dan menemukan sebuah danau air sangat asin di dasar laut, atau menonton bagaimana seekor ikan sotong mempesona mangsanya melalui sebuah penampilan yang istimewa dengan cara mengubah pigmen kulitnya secara cepat, ada rasa akan penemuan dan kekaguman yang menghibur selagi dokumenter ini memberi informasi, memenuhi kedua fungsi tersebut dengan sangat baik hingga membuat serial ini berada dalam kelasnya sendiri.

Lebih dari itu, setiap episode menampilkan tambahan pendek di akhir, sebuah rekaman 10 menit mengenai bagaimana para kru BBC berusaha untuk merekam footage luar biasa dalam lingkungan yang sama sekali tidak ramah untuk syuting. Biasanya, cuplikan di balik layar mungkin saja menghilangkan keajaiban yang ada di layar, namun itu bukanlah kasusnya di sini. Malah hal tersebut menambah wawasan yang lebih luas kepada para penonton mengenai pencapaian hebat serial ini. Wawancara dengan kru memberikan detil tentang bagaimana satu perjalanan mengerikan dalam kapal selam saat kebocoran kecil menyebabkan lantai kapal selam tergenang padahal permukaan laut berjarak setengah jam. Itu seperti skenario yang James Cameron akan jadikan film blockbuster, dan di sini itu menjadi sebuah tambahan mendebarkan untuk dipertunjukkan.

Mungkin itulah pencapaian terbesar dari Blue Planet II: cara bagaimana semuanya yang ditampilkan terasa penting. Bahwa sebuah insiden dengan para kru — yang omong-omong bisa mereka lalui dengan baik-baik saja — adalah sebuah bonus tambahan yang menunjukkan kepada Anda bagaimana besarnya usaha yang dikeluarkan demi serial ini. Dan bahwa usaha tersebut telah disusun menjadi sebuah serial mendebarkan yang adalah pembuatan terbaik dari film dokumenter alam.

Blue Planet II telah tayang perdana pada 20 Januari di BBC Amerika, AMC, IFC, WE tv, dan SundanceTV. Serial ini selanjutnya akan tayang setiap Sabtu pukul 9 malam di BBC Amerika.