The Emoji Movie Menjadi Film Pertama yang Tayang di Arab Saudi dalam 35 Tahun

The Emoji Movie Menjadi Film Pertama yang Tayang di Arab Saudi dalam 35 Tahun

Arab Saudi telah mencabut larangan bioskop, dan film pertama yang ditayangkan setelah 35 tahun adalah The Emoji Movie. Terlepas dari konsensus bahwa The Emoji Movie bukanlah film yang bagus, film yang bercerita tentang emoji-emoji populer ponsel pintar membuat banyak orang berbahagia di Arab Saudi dengan film tersebut menuntun jalan untuk kembalinya “pengalaman menonton film di bioskop” bagi para penduduk negara tersebut.

Larangan tersebut pada awalnya mulai berlaku pada awal 1980-an karena tekanan dari para ekstremis Islam dengan negara tersebut mengarah menjadi masyarakat agamais konservatif, mematahkan keberadaan hiburan publik dan campuran antara pria dan wanita di ruang-ruang umum. Ketika Putra Mahkota Mohammad bin Salman yang berusia 32 tahun memperoleh kekuasaan, banyak larangan yang mulai dihapus, termasuk larangan terhadap bioskop dan larangan menyetir bagi wanita.

Laporan terbaru di Reuters mengonfirmasikan bahwa Arab Saudi mulai menayangkan film panjang anak The Emoji Movie mulai akhir pekan ini di sebuah bioskop sementara setelah keputusan untuk mencabut larangan tersebut diumumkan pada 11 Desember silam. Bioskop tersebut terletak di dalam aula kebudayaan milik negara di kota Jeddah dan dilengkapi dengan sebuah karpet merah, sebuah proyektor, dan sebuah mesin popcorn. Yang pertama, bioskop-bioskop permanen diperkirakan akan mulai dibuka Maret nanti, namun film-film masih akan disensor agar tetap berjalan searah dengan “nilai-nilai moral” kerajaan. Ini kata Mamdouh Salim, pemrakarsa bioskop Cinema 70 yang mengorganisasi pemutaran-pemutaran selama seminggu ke depan, terkait langkah-langkah awal dalam mengembalikan keberadaan bioskop di Arab Saudi:

“Sampai saat ini, tidak ada infrastruktur untuk bioskop, jadi kami berusaha untuk memanfaatkan ruang-ruang (alternatif) agar menyerupai bentuk bioskop. Kami mencoba untuk menggunakan film-film ini sebagai titk awal dari pemutaran bioskop perdana setelah keputusan pada 11 Desember mengizinkan keberadaan bioskop.”

 

The Emoji Movie Alex Jake T Austin 1 Emoji Movie is First Film Screened in Saudi Arabia in 35 Years

Pemutaran tersebut juga membawa dampak positif yang membahagiakan bagi masyarakat. Sultan al-Otaibi membawa istri dan putrinya ke bioskop sementara tersebut untuk menonton film emoji populer itu dan mendiskusikan betapa jauh lebih nyaman dan menyenangkan untuk bisa menonton sebuah film di bioskop dibanding di rumah. Ini yang dia katakan:

“Rasanya jauh lebih nyaman, lebih menyenangkan untuk melihat pemandangan yang berbeda dan memiliki aktivitas di akhir pekan. Ini adalah sebuah langkah yang sangat terlambat tapi puji Tuhan ini benar-benar terjadi sekarang.”

Ini merupakan sebuah langkah yang indah dan tepat bagi Arab Saudi dalam hal memberikan lebih banyak kebebasan bagi orang-orang dalam hal menikmati hiburan. Meskipun The Emoji Movie bukanlah sebuah film adiluhung, ini membuat orang-orang berbahagia selama akhir pekan dan saat ini berada di baris depan dalam perubahan kebudayaan besar di negara tersebut. Pemegang otoritas berniat untuk membuka 300 bioskop dengan 2.000 layar pada 2030, menciptakan 30,000 lapangan pekerjaan permanen, dan, mudah-mudahan, menambah pemutaran-pemutaran film yang lebih baik dibanding The Emoji Movie untuk ke depannya.

Sumber: Reuters